Jumat, 12 September 2014

on Leave a Comment

6 golongan yang pasti masuk neraka...




1.Ashobiah/fanatisme, yaitu sifatnya orang jahiliah. Yang sangat fanatik dengan suatu kelompok maupuan golongan, hingga membenci golongan yang lainnya.
Dikisahkan suatu ketika abu dzar berkata kepada sayyidina billal (ya ibna sauda'/wahai anaknya orang hitam/negro). Sayyidina billal menangis mendengar perkataan itu, dan ada sahabat yang mendengar apa yang dikatakan oleh abu dzar. Kemudian ia melapor kepada Rosul Saw. Dipanggillah abu dzar, dan berkata Rosul Saw; "apa benar yang kau katakan pada billal....?" Abu dzar:  "Benar ya Rosulullah". Kemudian Rosul Saw menunjuk dada abu dzar dan mengatakan: "Didalam dadamu masih ada sifat jahiliah....." Menangislah abu dzar & menyesalinya, serta meninta maaf pada sayyidina billal.


2.Dzulum/dzolim. Nabina Muhammad Saw mengatakan: "Yang banyak mempunyai sifat dzolim adalah para pemimpin dan para penguasa".
Dikisahkan suatu ketika Kholifah Umar bin khotthob dilapori rakyatnya bahwa gunung di syam akan meletus, maka sayyidina umar berkata: “Bawalah pecutku ini dan pukulkan ke gunung, dan katakan (uskut anta ya jabbal/diam engkau wahai gunung).Dipukulkanlah pecut  itu ke gunung tadi, dan hingga kini gunung itu tidak meletus, karena keadilan sayyina Umar bin khotthob dalam memimpin rakyatnya.

3. Ahlurosatik/orang awam. Yang mana mereka enggan/bahkan menjauhi majlis-majlis ilmu. Sesungguhnya ilmu itu diharamkan oleh Allah Swt untuk mereka yang  telah ditentukan menjadi penghuni neraka tetap.

4. Wa dahakin alkibri. Tokoh masyarakat yang sombong, mereka para tokokh-tokoh maysarakat yang sombong, enggan bergaul dengan masyarakat karena alasan status sosial, maka mereka adalah para penghuni neraka tetap.

5. Wa tujjarbil khianat. Seorang pedagang  yang berkhianat, seorang pedagang  yang mengurangi timbangannya, berbohong dalam harga, dll. Maka mereka adalah pedagang-pedagang yang akan menjadi penghuni neraka tetap. Dalam hadits Nabina Saw untuk pedagang yang jujur, amanah, dan dia muslim maka ia akan dikumpulkan bersama-sama orang yang mati dalam jihad menegakkan agama Allah Swt (syahid)

6. Hasat,dengki, iri. Seorang yang dalam hatinya ada sifat hasut, dengki, dan iri maka ia tidak akan merasakan kebahagiaan yang nyata sewaktu ia hidup didunia, apalagi setelah ia meninggalkan dunia ini, tentunya ia tidak akan bisa merasakan indahnya hidup didalam surga Allah Swt.
Dikisahkan suatu ketika iblis bertamu kerumah fir'aun.
Iblis: "Tok.... tok.... tok.....!!!"
Fir'aun: "Siapa yang mengetuk didepan pintu itu...??"
Iblis: "Kalo engkau memang mengaku sebagai Tuhan, pasti kau akan tahu siapa dibalik pintu ini."
Fir'aun: "Dalamhati berguman ouh.... pasti iblis ini. Kemudian fir'aun menyilahkan iblis untuk masuk.....
Terjadilah perbincangan dianatara mereka."
Singkat cerita, fir'aun bertanya pada iblis
Fir'aun: Wahai iblis, adakah orang yang lebih bejat daripada kita (fir'aun & iblis).
Iblis: Ada....
Fir'aun: Siapa...??
Iblis:  Mereka orang-orang yang didalam hatinya ada
sifat, hasut, iri dan dengki....
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar