Kamis, 15 November 2012

on Leave a Comment

Figur bagi para pemuda


Segala puji bagi Allah SWT yang telah menjadikan masa muda sebagai masa yang dilalui setiap insan di dunia. Pada dasarnya masa muda adalah masa keemasan yang dimiliki setiap orang, karena ketika sesampainya seseorang pada masa tersebut diwaktu inilah puncak kekuatan seseorang, paling indahnya gambaran seseorang didalam keindahan wajah dibanding masa-masa lain. Maka alangkah indahnya jika di masa-masa seperti itu digunakan untuk banyak beribadah kepada Allah Swt. Dan Allah Swt akan sangat mencintai seorang pemuda yang rajin dan semangat di dalam ibadah kepada_Nya, hingga diriwayatkan dari imam Bukhori & Muslim, Rosul Saw bersabda:
سبعة يظلّهم الله في ظلّه يوم لا ظلّ إلاّ ظله شاب نشأ في عبادة الله
Artinya: Ada 7 orang yang kelak akan di nauingi oleh Allah SWT ketika tiada naungan kecuali naungan Allahyang salah satunya adalah seorang pemuda yang rajin didalam beribadah.

Allah Swt sangat mencintai pemuda yang semangat dalam berbuat kebaikan, dikarenakan jika seseorang menjalani masa-masa muda maka orang tersebut akan lebih cenderung untuk menggunakannya terhadap sesuatu yang sifatnya mengikuti hawa nafsu atau yang berbau kemaksiatan, karena didalam tubuh setiap pemuda telah bergelora api hawa nafsu. Dan orang yang pandai adalah orang yang mampu mengendalikan hawa nafsunya sehingga mampu meninggalkan kemaksiatan. Untuk menuju kepada sang Kholiq Allah SWT. Dan terkait dengan hal tersebut adalah perkataan seorang tabi’in imam Hasan Albashri:

الكيّس من دانى نفسه و عمل لما بعد الموت والأحمق من أتبع نفسه هواها و تمنّى على الله الأماني
Artinya : orang yang pandai adalah orang yang mampu mengendalikan hawa nafsunya dan selalu beribadah untuk bekal di kehidupan yang mendatang (akhirat). Dan sebaliknya orang yang bodoh adalah orang yang tak mampu mengendalikan hawa nafsunya dan banyak berangan-angan kepada Allah Swt terhadap sesuatu yang tiada gunanya.
Masa muda adalah masa yang paling indah yang dialami oleh seseorang semasa hidupnya. Seandainya masa muda itu hilang dari kehidupan seseorang maka tak ada keindahan didalam kehidupan orang tersebut. Hingga seorang penyair mengatakan :
إنّما المرء صحة و شباب وإن ولّيا من المرء ولّى
Artinya : “ sesungguhnya kehidupan seseorang itu adalah ketika dia sehat & semasa mudanya jika keduanya telah pergi dari sesorang maka kehidupan telah meninggalkannya .
Menahan dan mengendalikan hawa nafsu adalah tugas bagi setiap hamba Allah Swt yang hidup dibumi ini. Akan tetapi hal tersebut lebih di khususkan kepada para pemuda, sebab jika seorang pemuda mampu  mengendalikan asmara hawa nafsunya sehingga menggunakan masa mudanya dengan baik dengan banyak beribadah pada sang Kholiq, maka Allah Swt akan mencintainya dan memberi derajat yang tinggi disisi_Nya.
Diriwayatkan dari negeri mesir bahwa seorang pemuda tampan & sholeh berprofesi sebagai penjual wadah,  dan disisi lain terdapat seorang wanita cantik & kaya telah jatuh hati kepada pemuda tersebut, supaya mendapatkan hati pemuda itu,  wanita itupun memerintahkan pembatunya supaya memenggil pemuda tadi dengan alasan ada keperluan untuk memperbaiki barang yang ada dirumahnya. Maka datanglah sang pemuda ke rumah si wanita tadi, maka wanita itupun mempersilahkan masuk ke dalam rumah karena barang yang diperbaiki ada didalamnya, maka masuklah sang pemuda, kemudian wanita itu mengunci pintu rumahnya, kemudian menyuruhnya masuk ke kamar karena barangnya ada di dalamnya, dengan prasangka baik (khusnuddzon) masuklah pemuda tersebut ke dalam kamar,kemudian wanita itu mengatakan; "sesungguhnya aku tak mempunyai hajat apapun, melainkan supaya kau dan aku melakukan seperti apa yang dilakukan oleh seorang pria & wanita, dan jika kau enggan untuk memenuhinya maka aku akan berteriak dan mengatakan kepada orang-orang bahwa engkau akan berbuat jahat kepadaku". Akhirnya pemuda itupun menerima ajakan dari wanita tadi, tapi dia minta supaya mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan masuk kekamar mandi untuk mandi dll, setelah masuk ternyata dia malah buang air besar dan mengusap-usapkannya keseluruh tubunya & pakaainnya dengan tujuan agar wanita itu merasa jijik, kemudian pemuda itu keluar dari kamar mandi, akhirnya wanita itupun terkejut dan jijik melihat pemuda tadi, dan mengejeknya & menyuruhnya keluar, maka keluarlah pemuda itu dengan perasaan malu yang sangat karena bau yang sangat tidak enak, sesempainya dirumah dia bersihkan badannya, tetapi karena bau yang sangat kuat sehingga tak kunjung hilang, akhirnya diapun beristirahat & tidur, ketika tidur dia bermimpi bertemu malaikat Jibril a.s yang mengatakan: "kau sungguh pemuda yang hebat, mampu mengendalikan hawa nafsumu didalam keadaan seperti itu". Pemuda itupun berkata: "Tetapi aku bingung bagaimana cara menghilangkan bau ini,,,???". Jibril a.s menjawab: "kalau hal itu sangatlah mudah, kemudian malaikat Jibril mengusapkan tangannya ke seluruh tubuh pemuda tadi & tidaklah Jibril mengusap kecuali yang asalnya bau tidak enak berubah menjadi semerbak seperti wanginya minyak misik, sampai selamanya. Ketika pemuda tadi melewati jalanan bau wangi itupun tercium oleh orang-orang disekitarnya.
Sungguh mulia pemuda tersebut dan juga pemuda islam yang lain yang mereka bisa mengendalikan hawa nafsunya untuk hal-hal yang baik…… Kalo kita manjadi pemuda/pemudi apa kita tidak mau menjadi seperti pria yang baunya wangi tersebut,,,,,,???? Apa kita juga tidak mau dapet kedudukan yang tinggi disisi Allah SWT,,,,,,,,???

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar