Selasa, 27 November 2012

on Leave a Comment

Hukum Membaca Bismillah Dalam Shalat



Dalam hal ini Ulama' berbeda pendapat sebagian mengatakan bahwa Bismillah adalah bagian dari surat Al fatihah maka menurut mereka awal surat al fatihah adalah bismillah.

Sebagian lagi b
erpendapat bahwa Bismillah bukan termasuk bagian dari surat Al Fatihah maka menurut mereka permulaan surat Al_Fatiah adalah Al hamdulillahi Robbil alamin .
Perbedaan ini ada sangkut pautnya dengan sah tidaknya sholat seorang Imam atau yang lainnya jika meninggalkan (Bismillahir rohmanir rohim) dalam bacaan fatihah di dalam shalat.
Menurut pendapat yang dikukuhkan didalam mazhab Imam Syafi'i maka sholatnya Imam yang tidak membaca bismillah adalah tidak sah begitu juga makmum yang mengikutinya (Al Ibroh bi ‘idiqodil makmumi laa bi ‘idiqodil imam).
Dan pendapat yang kedua yang boleh di ambil dalam saat-saat tertentu, yaitu jika memang menurut Imam tersebut adalah sah maka makmum juga sah untuk mengikutinya (Al Ibroh bi ‘idiqodil imami laa bi ‘idiqodil makmum). Bagi yang berpendapat Bismillah bukan bagian dari Surat Al_Fatihah maka tidak membaca Bismillah pun tidak membatalkan sholat dan ini adalah pendapat yang dikukuhkan dalam mazhab Imam Malik dan sebagian Riwayat dari Imam Ahmad bin Hambal.
Hanya yang perlu diketahui agar kita semakin bijak didalam bermasyarakat khususnya didalam melihat perbedaan-perbedaan yang muncul saat ini, maka jangan sampai membuat ke anehan didalam masyarakat. Jika seandainya anda adalah seorang yang mengikuti mazhab Imam Malik yang tidak mewajibkan bismillah .
Disaat Anda menjadi Imamnya orang yang bermazhab Syafi'i maka alangkah bijaknya bila Anda masih menjaga Bismillah untuk memberikan ketenangan kepada para makmum. Sebab yang harus kita pahami bahwa jika anda tidak membaca bismillah ada ulama' yang mengatakan sholat anda tidak sah, akan tetapi jika anda membaca bismillah tidak ada satu ulama' pun yang mengatakan sholat anda tidak sah."
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar