Senin, 20 Januari 2014

on Leave a Comment

Tips Menjadi Cantik Hakiki

Sebagaimana kita maklumi kecantikan merupakan dambaan setiapwanita diseluruh dunia ini. Namun tidak semua orang dikaruniai kecantikanlahiriyah yang sempurna. Yang  pastibahwa kecantikan itu juga bersifat nisbi. Oleh karena itu perempuan tidak perlurisau jika engkau tidak secantik putri raja, permasuri, selebriti, foto model,atau bunga desa. Sebab, masih ada satu harapan bagi perempuan yang tidak cantikuntuk menjadi cantik dengan kecantikan prilaku atau akhlaknya. Sebab, kecantikanmaknawi inilah yang menjamin perempuan akan selamat dunia & akhirat.
Untuk menjadi cantik maknawi tentunya perempuan harusmemiliki prilaku yang baik (Akhlaqul karimah) Akhlaqul karimah tidak terjadibegitu saja pada diri seseorang melainkan melalui proses. Dan proses itubermula dari pengetahuan. Untuk itu, maka pengetahuan (Moral agama khususnya)mutlak sebagai norma pijakan untuk seluruh prilakunya. Kemudian, perlu melatihdiri, dan membiasakan hal itu agar lekat pada dirinya. Norma-norma itu tentuakan terasa berat pada awalnya, namun kita tetap harus berusaha.


Mahkota, Busana & Perhiasan.

Rambut bagi perempuan adalah ibarat mahkota. Namundengan mahkota “ILMU” maka anda akan punya peran yang besar ditengah-tengahkehidupan sosial, dan kehidupan zaman yang mana para wanita sudah semakin jauhdari agama. Anda akan banyak memberikan manfaat kepada orang banyak jikapengetahuan ilmu agama yang anda miliki disumbangkan untuk mereka.  Bukankah dari sekian istri Nabi Muhammad Saw,seperti Sayyidah Aisyah & Ummu Salamah juga terlibat dalam dakwah &penyebaran ilmu agama pada orang lain.? Bukankah sebaik-baiknya manusia  adalah orang yang paling banyak memberikanmanfaat kepada orang lain.? ILMUMU ADALAH MAHKOTAMU.!!!

Jika busana adalah alat pembalut auratmu yangmembuatmu tampak beradab & santun, maka pakailah pula busana yang bernama“RASA MALU” Sifat malumu cocok untuk kelembutanmu sebagai seorang Wanita. Orang akan semakin seganpadamu jika rasa malumu senantiasa melekat pada dirimu. Jika sikap arogan &tak santun itu jelek bagi kaum laki-laki, maka akan lebih jelek lagi jika yangmelakukan itu adalah kaum wanita. Tak ada yang menyelamatkan harga dirimumelebihi rasa malumu. Nabi Muhammad Saw bersabda dalam salah satu haditsanya:“Rasa malumu adalah busana yang tak ternilai harganya untuk melindungi hargadirimu”

Jika emas permata menjadi perhiasan kebanggaanmu, makapermata yang jauh lebih mahal & berharga dari pada itu adalah “AMALIBADAHMU” . Ibadahmu adalah harta & aset yang akan memberimu kebahagiaansejati nan abadi.  Tuntas menunaikankewajiban ibadah akan memberimu rasa bahagia yang tidak akan kau temui padasisi kehidupan manapun. Ridlo Tuhan mu jauh lebih bernilai & berharga dariemas, dunia & seisinya. Engkau tidak akan kalah dengan kaum laki-lakidihadapan Tuhan jika amal & ibadahmu tidak kalah dari meraka. Allah Swttidak membedakan jenis kelamin jika itu dalam urusan amal & ibadah AllahSwt berfirman:
وَمَنْ يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتِ مِنْذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلا يُظْلَمُونَنَقِيرًا
 “Dan barang siapayang mengerjakan amal kebajikan, baik laki- laki maupun perempuan sedang diaberiman, maka mereka itu akan masuk kedalam surga dan mereka tidak didzalimisedikitpun (QS. Annisa’)

Make Up & Parfum

Jika make up merupakan alat pemoles untuk menambahkecantikanmu, maka alat perlengkapan kecantikanmu yang sesungguhnya adalahsikap “RENDAH HATIMU”. Allah akan meninggikan orang-orang yang merendahklanhatinya, dan Allah akan merendahkan orang-orang yang tinggi hati. Wanita adalahmakhluk yang mempunyai kekuatan fisik relatif dibawah laki-laki, maka sikaprendah hatimu adalah pelindung bagi dirimu sendiri. Orang yang rendah hati akanmendapatkan banyak teman, banyak saudara, semakin banyak teman & saudaramakan akan makin lapang peluang rizkimu. Sikap rendah hatimu adalah bagian daridaya tarikmu untuk lelaki sholeh.

Jika parfum merupakan alat performamu didekatsuamimu,  maka “TUTUR KATA YANG LEMAHLEMBUT” adalah parfum yang akan mengharumkan nama baikmu ditengah keluarga& masyarakat. Kepribadian seseorang akan dinilai cara dia bertutur kata,sebab lidah adalah perpanjangan hati. Tutur kata yang lemah lembut merupakanperpanjangan dari kecantikanmu. Tidak meng-Ghibah, mencela, mencaci, mejelekkanorang lain merupakan dari tutur kata yang baik & lemah lembut. Hentikankebiasaan menggunjing, men-Ghibah orang lain dari sekarang, karena itu akanjauh lebih baik bagimu. Bukankah ada pepatah mengatakan “Lidah itu lebih tajamdaripada pedang”.

Selendang & Inner Beauty

Jika selendang merupakan perlengkapan penampilanmu,maka kenakanlah selendang “KASIH SAYANG & DERMA” kepada orang lain,terutama mereka yang membutuhkannya. Sifat dermamu akan menjadikanmu tampahanggun & agung dimata mereka, dan dimata Tuhan mu. Sifat  ini akan menjauhkanmu dari fitnah &musibah. Sifat kikir hanya akan mengundang musibah. Bukankah dalam hidup inikita wajib berbagi harta yang kita punya.? Bukankah tangan diatas lebih muliadaripada tangan dibawah.? Itulah selendangmu yang paling agung & mulia.

Jika inner beauty merupakan kebanggaan dari kaummu(kaum wanita) Maka inner beauty  yangsesungguhnya adalah “KEMULIAAN JIWAMU”. Kemuliaan jiwa meliputi semua prilaku.Jiwa kita ini seolah sofware & sekaligus kendali dari fisik & seluruhtindakanmu. Jika kebetulan dirimu tidak secantik mereka yang menurutmu lebihcantik, maka kecantikan jiwamu adalah sumber kasih sayang orang lain kepadadirimu. Kecantikan jiwamu adalah mutiara yang tiada ternilai harganya. Itulahkecantikan yang tidak akan pernah pudar. Itulah kecantikan yang tak akan lekangoleh usia senjamu. Itulah kecantikan yang akan pernah terkubur oleh waktu & jasadmu.

Asiyah, Maryam binti Imran, A’isyah binti Abu Bakar, Fatimahbinti Rosulillah Muhammad Saw adalah wanita-wanita yang tetap dikenang sejarahbukan karena kecantikan fisiknya, meskipun mereka adalah wanita-wanita yangcantik. Kecantikan jiwa & prilakulah yang membuat mereka tetap dikenangoleh sejarah. Banyak wanita cantik didunia ini yang tidak pernah menjadi wanitasempurna karena mereka tidak memiliki kecantikan jiwa & prilaku. Jikakecantikan fisik tidak jarang membawa kesengsaraan & sumber fitnah setan,maka kecantikan jiwa & prilaku merupakan pondasi kebahagiaan yang hakiki.

Apa Akhlak Karimah itu.?

Kecantikan jiwa adalah akhlak mulia yang meliputisikap-sikap terpuji seperti: “Besarnya rasa malu, tidak suka menyakiti oranglain, banyak berbuat kebaikan, jujur dalam ucapan & tindakan, tidak banyakbicara, banyak beramal sholeh, meminimalisir perbuatan buruk/salah, tidak berlebihandalam harta benda, menyambung tali silaturahmi dengan baik & do’a, sopansantun, tidak banyak tingkah, penyabar(sabar), pandai bertrima kasih &meminta maaf, pemaaf, ringan hati, rendah hati, berjiwa belas kasih, santundalam bergaul, semangat mencari ilmu, slalu meminta nasehat, dan slalumembasahi lisan dengan Dzikir & kitabullah”.

Perlu kita tau bahwa Iman, Ilmu & Amal merupakan tigaunsur yang harus dipadukan oleh setiap orang jika ia ingin memiliki kecantikanatau ketampanan yang hakiki, kecantikan dunia akhirat.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar